Kunjungan kedua keluarga Ibu Kartika Dewi ke Sukamade

Hari ini, Rabu 26 Juni 2023, ibu Kartika Dewi bersama keluarga kembali berkunjung ke Sukamade. Bersama keluarga adik dan menantunya dari Semarang, total berjumlah 12 orang, termasuk anak anak. Perjalanan dimulai dari base camp Sukamade Dot Com, setelah parkir mobil Toyota Innova milik ibu Dewi Kartika. Dengan menggunakan kendaraan Trooper dan Land Rover, petualangan dimulai.   

 

Tujuan pertama adalah pantai Pulau Merah. Disini keluarga ibu Kartika Dewi menikmati pemandangan Pulau Merah saat cuaca sedang cerah, dan anak anak menikmati bermain pasir putih yang bersih.

Setelah puas menikmati pemandangan alam di pantai Pulau Merah, perjalanan dilanjutkan menuju kawasan perkebunan PT Perkebunan Nusantara XII Kebun Sungailembu. Di Afdeling Kaliagung kita berhenti seenak untuk mengunjungi dan melihat proses pembuatan gula merah dari nira kelapa. Disini anak anak dikenalkan dengan cara pembuatan gula merah secara tradisional.


Selesai mengunjungi pembuatan gula merah dari nira kelapa, perjalanan dilanjutkan dengan makan siang di warung Sarongan. Setelah itu dilanjutkan dengan mengunjungi pantai Teluk Ijo menggunakan perahu nelayan. Perjalanan menggunakan perahu yang cukup menantang disertai pemandangan alam laut dan tebing yang menakjubkan.



Selesai mengunjungi Teluk Ijo, perjalanan dilanjutkan menuju penginapan Wisma Kebun Sukamade, melewati hutan Sukamade dan menyeberangi 3 sungai tanpa jembatan.  Beruntung kondisi air sungai tidak besar karena di musim kemarau. Terlihat aliran sungai yang bersih dan ernih tanpa sampah.

Malam harinya, selepas makan malam, perjalanan dilanjutkan menuju pantai Sukamade. Setelah registrasi dan briefing dari petugas Taman Nasional Meru Betiri, pengunung diajak ranger menuju area pantai Sukamade untuk menyaksikan prosesi penyu bertelur. eruntung pada sore itu ada penyu yang bertelur sehingga pengunjung bisa menyaksikan prosesi bertelur secara lengkap.


Setelah menyaksikan prosesi penyu bertelur dan istirahat malam, esok paginya dilanjutkan dengan pelepasan Tukik (anak Penyu) ke laut. Kesempatan langka ini sangat dinikmati oleh segenap pengunjung, baik dewasa maupun anak anak. Kejadian mengejutkan terjadi saat pelepasan anak penyu, datang seekor elang dan memangsa Tukik yang sedang berenang di tengah laut. Ranger Taman Nasional menjelaskan bahwa hal itu sesuatu yang lumrah dan alami dalam siklus rantai makanan.

Selesai lepas anak penyu ke laut, dilanutkan kegiatan penanaman telur penyu di tempat penangkaran, Ini merupakan edukasi yang penting bagi anak anak terkait pelestarian penyu sebagai hewan langka. Disampaikan oleh ranger bahwa dari 1.000 butir telur penyu, hanya 1 ekor yang berhasil bertahan menjadi dewasa.

Dengan selesainya penanaman telur penyu di penangkaran, selesailah sudah program Sukamade Adventure Tour. Namun perjalanan seru masih dilanjutkan dengan sesi foto di sungai Sukamade  dan Teluk Damai, hingga berhenti di base cam Sukamade Dot Com.



Terima kasih Ibu Dewi Kartika, Pak Thomas dan Ibu Titik telah bergabung dengan Sukamade Adventure Tour, salam hormat kami untuk segenap anggota keluarga. Sampai Jumpa.




Related Posts

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Kolom Pencarian

Paling Banyak Dibaca